Sejumlah siswa SD 02 Menteng Jakarta Pusat menyaksikan gelaran pameran Foto “Rekam Jakarta 2018” di Taman Menteng, Jakarta. PFI Jakarta/Tim Dokumentasi

Dewasa ini fotografi di Indonesia berkembang dengan cepat, hal ini dapat dilihat dari sudah banyaknya masyarakat yang menyukai hobi fotografi ini. Seni fotografi yang merupakan perpaduan antara teknologi dan seni harus diselaraksan dengan proses teknis untuk memeberikan karakter dan keindahan pada hasil visualnya. Selain itu seni fotografi bukan hanya merekam apa adanya dari dunia nyata namun menjadi karya seni yang kompleks dan media gambar yang juga memberi makna dan pesan.

Suatu kenyataan bahwa pembuatan seni fotografi khususnya foto jurnalistik tidak sekedar membatasi subjek dengan batas format pada jendela bidikan. Hal ini mejadikan fotografi jurnalistik lebih jujur dari pada seni foto lainya kerena merekam subjek yang ada didepanya tanpa tanpa rekayasa. Sama halnya dengan seniman lainya, fotografer bekerja menggunakan otak dan hatinya yaitu segala tindakan yang dilakukan terutama pada proses pengambilan objek diperlukan kreativitas tanpa batas.

Kreativitas yang dimaksud menyangkut segala aspek dan proses pembuatan foto, mulai dari pemilihan peralatan yang dipakai, kejelian menentukan objek pemotretan sampai dengan proses editing. Memang terasa begitu besar peran kreativitas dalam era fotografi saat ini, apa lagi sudah didukung fotografi digital yang menyederhanakan proses teknis sehingga fotografer bisa lebih berkonsentrasi untuk berkarya.

Keunggulan kreatif akan semakin menunjukan perannya dalam fotografi. Berbagai titik kreatif memang bisa dipelajari, tetapi untuk menjadi fotografer kreatif harus banyak mencoba, belajar dari kesalahan dan terus berkarya.

Oleh karena itu kami selaku pengurus Pewarta Foto Indonesia (PFI ) Jakarta sebagai organisasi Pewarta Foto mencoba untuk mengapresiasi kreatifitas melalui karya – karya yang telah berhasil dibuat anggota PFI Jakarta dalam kurun waktu tertentu melalui pameran Foto Jurnalistik. Selain itu juga mencoba mengedukasi dan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai Jotografi Jurnalistik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *